Pelaksana Profesional

Pelaksana Proyek Profesional

DALAM SUATU PROYEK PEMBANGUNAN, PERANAN PELAKSANA PROYEK YANG PROFESSIONAL DI BUTUHKAN UNTUK MENUNJANG KESUKSESAN DARI PROYEK TERSEBUT

Pelaksana proyek professional adalah pelaksana proyek yang menjalankan tugas – tugasnya dengan baik sesuai dengan arahan dan juga petunjuk yang sudah di ketahui oleh pribadinya. Selain itu pelaksana proyek professional jug bisa mengatasi kendala – kendala dalam proses pembangunan yang terjadi di luar prediksi. Dengan tanggap pelaksana harus bisa mengatasinya dan juga melaporkannya pada atasan jika memang tidak bisa mengambil tindakan tanpa persetujuan atasan. Tenaga pelaksana proyek yang professional bukan hanya bekerja sesuai dengan arahan tetapi juga memiliki attitude yang baik untuk membangun kerja sama dengan tim dan bagian dari pengerjaan proyek itu sendiri. Bisa berkomunikasi dengan baik dalam bentuk lisan dan tulisan sesuai dengan etika profesinya. Lantas apa saja ciri – cirri dari pelaksana proyek yang professional tersebut ?

CIRI – CIRI PELAKSANA PROYEK PROFESSIONAL ?

Untuk menjadi pelaksana proyek professional atau untu mengenali pelaksana proyek ynag bekerj secara professional, maka anda harus mengetahui apasaja ciri – cirinya. Berikut ini adalah ciri – ciri pelaksana proyek yang professional terkait dengan tugas – tugasnya :

a.Mampu menyiapkan fasilitas dan sarana yang terkait dengan kelancaran pembangunan proyek. Fasilitas – fasilitas tersebut termasuk pada fasilitas yang harus di terima pekerja lapangan. Sebelum proses pembangunan di mulai, pelaksana proyek sudah mempersiapkan semua hal yang akan di perlukan supaya tidak ada kendala di kemudian hari yang sebenarnya bisa di atasi atau di cegah di awal. Ini merupakan ciri profesionlitas yang pertama.

b.Mampu menyiapkan bahan – bahan bangunan yang akan di pakai baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya. Semuanya sudah di atur dan tercantum dalam bestek, pelaksana hanya perlu mengeceknya kembali supaya bisa di pakai pada saat proses pembangunan.

c.Mampu melaksanakan pekerjaan dan tanggungjawab sesuai dengan rencana kerja yang sudah di susun sebelumnya juga syarat – syarat yang sudah di sepakati sebelumnya.

d.Mampu menyusun dan menyerahkan laporan hasil pekerjaan kepada atasan secara berkala dan juga laporan tersebut di susun sesuai dengan keadaan di lapangan yang sebenarnya. Hal ini bisa meningkatkan kepercayaan pemilik kontrak dan juga klien.

e.Melaksanakan pekerjaan sesuai dengan yang tertera dalam surat kontrak, oleh Karena itu sangat penting bagi pelaksana lapangan memahami dengan betul kontrak yang ia terima.

f.Mampu mengadakan pemeliharaan proyek dengan baik terutama ketika proyek masih di pegang olehnya. Pemeliharaan ini termasuk peralatan dan juga tempat proyeknya.

g.Mampu memilih tenaga kerja yang berpengalaman dan berdedikasi tinggi dalam bekerja. Hal ini sangat penting karena tenaga kerja lapangan yang professional akan sangat membantu dalam proses kelancaran pembangunannya.

h.Mampu menjaga keadaan fisik bangunan selama dalam masa pembangunan.
i.Khusus untuk pembangunan rumah, pelaksana pembangunan harus berkomunikasi dengan pemilik rumah secara rutin dan melaporkan kemajuan dari proyeknya setiap hari. Hal ini bisa membantu kelancaran proses pembangunan dan meningkatkan kepercayaan dari klien.

Itulah beberapa ciri – ciri dari pelaksana proyek yang professional. Jika anda menemukan pelaksana proyek yang memiliki ciri – ciri di atas maka anda bisa mengontraknya untuk proyek anda. Untuk menemukan pelaksana proyek yang professional anda juga bisa bertanya pada kerabat atau mitra bisnis yang sudah berpengalaman biasanya mereka bisa merekomendasikan pelaksana proyek yang handal di bidangnya. Namun jika anda belum berpengalaman, anda bisa mempelajari kontrak dan membuat kontrak yang sesuai dengan harapan anda.

Kredibilitas seorang pelaksana proyek biasanya akan bisa di ketahui dengan mudah karena para kontraktor akan saling berkomunikasi mengenai hal itu. Selain mendapatkan kepercayaan pelaksana proyek yang professional biasanya juga akan banyak memiliki pengalaman di bidangnya karena banyak di gunakan jasanya. Intinya pelaksana proyek yang professional adalah pelaksana proyek yang tidak hanya mengetahui hak dan kewajibannya saja tetapi mampu bertanggung jawab atas apa yang ia telah sepakati dengan klien. Profesionalisme adalah hal yang sangat penting bagi penyedia jasa karena itu yang menentukan masa depan dari karirnya.