Tugas Pelaksana Proyek

Tugas Pelaksana Proyek

Apa pengertian pelaksana proyek dan tugasnya ?
Pelaksana proyek adalah bagian yang memiliki peranan penting bagi berlangsungnya pengerjaan proyek lapangan

Apa itu pelaksana proyek ?

Mungkin bagi orang awam profesi pelaksana proyek adalah salah satu bagian dari proses pengerjaan di lapangan yang tugasnya hanya mentaat apa yang di perintahkan atasanya. Namun sebenarnya pelaksana proyek itu adalah bagian yang penting sama halnya dengan bagian lainnya dalah suatu penyusunan proyek. Pelaksana proyek ini bertugas untuk melaksanakan rancangan suatu proyek dan bertanggung jawab terhadap pelaksanaan tersebut.

Apa saja tugas pelaksana proyek ?

Setelah mengetahui dengan jelas apa itu pelaksana lapangan, anda juga harus memahami apa saja tugas – tugasnya. Secara garis besar tugas pelaksana proyek adalah mengerjakan proyek sesuai dengan petunjuk dan arahan bagian perancang. Proyek yang di maksud dalam artikel ini adalah proyek pembangunan rumah hunian.

Berikut ini adalah rincian tugas pelaksana proyek pembangunan rumah yang lebih jelasnya lagi.

1.Sebelum mengerjakan pekerjaan di lapangan, pelaksana proyek harus memahami terlebih dahulu desain proyek atau rumah yang di tuangkan dalam bentuk gambar dan juga spesifikasi teknisnya. Hal tersebut dapat di lakukan dengan cara mencermatinya terlebih dahulu, jangan sampai ada bagian dari desain yang belum di pahami karena itu akan menghambat proses pelaksanaanya. Jika ada yang belum di pahami, petugas bisa menanyakannya. Selain itu, berkonsultasi dengan calon pemilik rumah sangat di anjurkan, karena kepuasan pemilik bangunan akan sangat menguntungkan.

2.Menyusun metode pelaksanaan juga jadwal pengerjaannya dengan cara berkoordinasi dengan bagian engineering. Hal ini bertujuan supaya target yang akan di capai setiap harinya bisa di penuhi. Apalagi dalam pembuatan rumah biasanya pemilik rumah ingin selalu mengetahui kemajuan dari bangunan yang di inginkannya.

3.Pada saat pelaksanaan di lapangan pelaksana proyek harus bisa memandu dan mengontrol pelaksanaan di lapangan sesuai dengan waktu, biaya dan kualitas yang sudah di sepakati sebelumnya. Hal ini akan membantu untuk meminimalisir adanya keterlambatan pembangunan juga biaya tambahan yang biasanya harus di kompromikan lagi dengan pemilik bangunan.

4.Pastikan pelaksana proyek sudah menyusun program kerja mingguan untuk memantau progress d lapangan. Setiap hari di lapangan pelaksana proyek memberikan petunjuk dan arahan pada pekerja di lapangan. Meskipun bangunan rumah terdengar tidak sesulit bangunan pencakar langit, tapi laporan mingguan kemajuan proyek pembangunan sangat di perlukan karena hal tersebut menunjukan professionalitas dalam bekerja.

5.Selain memantau, pelaksana proyek juga harus menyusun hasil laporan evaluasi pekerjaan di lapangan. Susunan tersebut di ambil dari hasil pantauan yang di lakukan setiap harinya.

6.Jika terjadi kekeliruan atau kesalahan di lapangan, maka pelaksana lapangan harus membuat solusi atau penyesuaian dari yang terjadi di lapangan. Dalam proses pembangunan rumah khususnya terkadang calon pemilik rumah memiliki atau meminta adanya perubahan baik penambahan atau pengurangan sesuatu untuk rumahnya. Tentu saja seorang pelaksana proyek harus bisa memberikan solusi atau menyesuaikan keinginan klien dengan proses pengerjaan di lapangan terutama para pekerjanya.

7.Menyiapkan tenaga kerja di lapangan supaya siap untuk melakukan proses pembangunan. Pastikan jumlah pekerja sesuai dengan target waktu yang harus di capai dan kemampuan para pekerja juga mumpuni. Jika ada pekerja yang libur atau sakit, maka pelaksana proyek harus menyesuaikannya.

8.Memastikan bahwa bahan – bahan yang sudah di siapkan di pergunakan untuk hal yang sesuai dengan rancangan atau rencana sehingga efisien. Penggunaan bahan memang harus di pantau supaya apabila ada kekeliruan estimasi bahan, pelaksana proyek bisa langsung memperbaikinya.

9.Membuat laporan untuk setiap hasil pekerjaan setiap harinya. Tugas ini mungkin terdengar sedikit merepotkan karena harus setiap hari dilakukan tapi jika sudah terbiasa dan sadar bahwa ini penting, tugas ini akan terasa mudah.

10.Memastikan bahwa di lapangan kebersihan dan keselamatan pekerja terjamin. T ugas ini juga sangat penting karena kecelakaan kerja biasanya akan menghambat proses pengerjaan.