Mandor Bangunan

pembangunan-rumah
tukangbangunan

Mandor Bangunan

Mandor Bangunan adalah sebuah profesi kerja yang sudah komplit dan lengkap, profesi ini biasanya dipegang oleh Tukang Bangunan yang berpengalaman yang sudah atau ingin naik kelas , banyak tukang bangunan yang memiliki keinginan untuk menjadi mandor, yang tugasnya mengatur dan mengawasi para tukang bangunan.

Terkesan enak kan ? tetapi butuh skill dan keahlian lebih yang wajib dikembangkan oleh orang tersebut, dalam prinsip kerja para mandor bangunan mengenal 2 jenis :

Borongan upah tenaga
Keuntungan yang didapat dari sistem borong upah tenaga adalah selisih antara waktu kerja normal dengan sistem kerja borongan, oleh karena itu dalam menentukan besarnya biaya borong harus memperhitungkan perkiraan waktu dan jumlah tenaga tukang yang akan dikerahkan. selain itu harus meminta kepastian kepada pemilik bangunan untuk menyediakan material yang dibutuhkan dalam pelaksanaan agar sedia setiap saat agar tidak terjadi waktu menganggur akibat kekurangan bahan bangunan sehingga menimbulkan kerugian pada sisitem borong upah tenaga.

Borongan bahan bangunan berikut upah tenaga
Sistem borong disini sama dengan borongan upah namun ada tambahan berikut bahan bangunan yang diadakan sendiri oleh pemborong, jadi pada sistem ini masih ada peluang tambahan keuntungan yaitu dari selisih harga bahan, namun diperlukan pengetahuan khusus mengenai harga pasar dan kualitas bahan agar bisa memberikan pelayanan pekerjaan borongan terbaik.

Mandor bangunan biasanya berawal dari profesi tukang bangunan yang disiplin, terlatih dan pengelaman dalam bekerja, memiliki jam terbang yang cukup sehingga tumbuh rasa percaya diri untuk maju sendiri , tertantang untuk berani mengelola diri lebih jauh lagi. Untuk menjadi mandor bangunan yang bagus harus memiliki :

1. Sikap Kerja
Memiliki sikap kerja keras, positif terus berusaha belajar untuk maju dan berkembang, mempelajari beberapa keahlian di bidang tukang dan memengang prinsip – prinsip hidup seperti : kejujuran, komitmen dan sungguh – sungguh bertanggung jawab.

2. Team Kerja
Memiliki jiwa pemimpin, mau merawat dan mengelola para tukang bangunan, membawa sebuah team kerja yang bagus dan bersama – sama berusaha bekerja secara baik, berusaha mengerjakan pekerjaan dengan baik. Ketika memiliki team yang terdiri dari beberapa tukang bangunan, maka mandor tersebut sudah layak untuk terjun menggarap sebuah proyek.

3.Pengelolaan Keuangan
Memiliki kemampuan untuk mengelola uang pembayaran material ke toko material, pembayaran kepada para tukang bangunan dan kenek bangunan, atau bahkan memiliki modal yang cukup untuk memborong sebuah proyek. Yang lebih penting adalah bisa kontrol diri untuk tidak hidup materialistis, tidak suka beli barang baru, hemat dan fokus kepada keluarga untuk melangkah mencapai hidup yang lebih baik lagi.

Lebih penting lagi, barengi sikap sabar, punya daya juang dan selalu rajin berdoa mohon kepada Tuhan yang maha kuasa agar mendapatkan pekerjaan dan rezeki yang halal.

mandor-bangunan