Pemilik / Owner

pembangunan-rumah
pemilik-proyek-owner
Pemilik Proyek / Owner

Pemilik Proyek / Owner adalah seseorang yang memiliki rencana proyek yang bertindak sebagai tuan rumah , sebagai pemilik tanah / lahan tersebut untuk proyek – proyek pribadi seperti bangun rumah, ruko, kios dll.

* Untuk skala besar bisa beda kasusnya, kadang pemilik tanah bisa negara , pemilik proyek bisa perusahaan dgn status sewa.

Dalam hal ini kita bicara Pemilik Proyek / Owner sebagai pemilik Rumah / Properti tersebut. Sebelum pada tahap pembangunan , langkah pertama yang harus diambil ketika lahan / area untuk tempat pembangunan sudah tersedia yaitu Tahap Desain.

Owner akan memesan sebuah Desain kepada Jasa Desain / Arsitek / Konsultan sesuai dengan konsep desain yang di inginkan. Setelah proses desain selesai , langkah berikutnya adalah Pengurusan ijin – ijin untuk mendirikan bangunan sesuai dengan desain tersebut. Apabila perijinan sudah disetujui dan artinya sah untuk pekerjaan pembangunan , maka owner / pemilik proyek akan mencari Pelaksana Proyek.

Kriteria – kriteria yang menjadi pertimbangan owner / pemilik proyek dalam menentukan siapa yang akan ditunjuk sebagai pelaksana proyek biasanya mengacu kepada 3 hal dibawah ini :


1. Memiliki Ilmu, Wawasan dan Keahlian
Pelaksana proyek harus memiliki ilmu rancang bangun, memiliki keahlian membangun, punya wawasan yang cukup untuk memberikan solusi terbaik pada saat pengerjaan, mampu membaca gambar kerja dari arsitek dan mengaplikasikan dengan tepat di lapangan.


2. Track Record / Rekam Jejak Pekerjaan
Pelaksana proyek harus memiliki rekam jejak pekerjaan, telah memiliki pengalaman membangun dan itu bisa dibuktikan ketika pemilik proyek / owner meninjau lokasi proyek – proyek yang sudah dikerjakan oleh pelaksana proyek tersebut.


3. Kesepakatan Harga dan Perencanaan Waktu
Mahal atau Murah itu relatif, manakala ada kesepakatan harga dan tertuang pada kontrak kerja, artinya kedua belah pihak telah setuju dan berpikir saling berusaha berkomitmen menjalankan bersama – sama sebaik mungkin , agar perencanaan yang sudah tertuang di kontrak berjalan lancar dan tepat waktu seperti yang diharapkan.

Kepuasan akan terasa pada masing – masing pihak dimana Arsitek sebagai pendesain akan merasa senang dan mencetak portfolio bagi dirinya, pelaksana proyek akan puas manakala hasil pekerjaan dilapangan menghasilkan pekerjaan yang bagus. Bagi pemilik proyek / owner akan merasa puas sekali ketika impian , konsep, rencana berjalan dengan baik. Pengeluaran biaya untuk membayar jasa desain , membayar jasa tenaga kerja , membeli bahan material bangunan terwujud hasil nyata yang sesuai dengan keinginan.

“ apabila membangun rumah, rumah idaman sudah terwujud menjadi nyata “



Kami percaya , apabila kami mampu memberikan yang terbaik pada pekerjaan / hasil bagus di lapangan , pasti Bapak / Ibu sebagai pihak Pemilik Proyek / Owner akan terus membawa kami kepada proyek – proyek selanjutnya.

Semoga terus berkelanjutan, terima kasih atas kepercayaannya kepada pelaksanaproyek.com

pelaksana-proyek-rumah